Wednesday, August 27, 2008

Natsu Yasumi - Hari 2, Hiroshima : Peace Memorial Park Area - Atomic Bomb Dome

Perjalanan dilanjutkan ke Hiroshima..!!, akhirnya kita sampai di Hiroshima JR Station tepat jam 9.45 malam. JR Station masih sangat ramai, lampu bertaburan dimana-mana, baik pengguna jalan dan mobil masih berlalu lalang di jalan raya. Sayang malam itu, saya sudah begitu capek untuk mengeluarkan kamera dari tasnya :(.

Welcome to Hiroshima

*******



Setelah bertanya letak hotel yang akan kita tempati ke ruang infomarsi di station, kami berjalan kaki kira-kira 10 menit dari Hiroshima JR Station ke hotel yang di tuju. Flex Hotel, salah satu hotel yang memang banyak dikunjungi turis dari luar kota Hiroshima,selain turis lokal juga turis dari mancanegara.

DSC_0551


Kami menempati kamar di lantai 4 yang menghadap ke arah jantung kota Hiroshima. Setelah perjalanan yang lumayan panjang, dan melepas penat dimalam hari, kami dibangunkan oleh keramaian kota yang bisa dilihat dari kamar tempat kami menginap. Sungguh pemandangan kota yang baru.

DSC_0138


Setelah mandi dan sarapan, tepat pukul 10 kami bergegas meninggalkan hotel untuk mencapai Hiroshima - Atomic Bomb Dome. Dengan mengantongi Sreet Car Map dan Hiroshima City Map, kami berjalan kaki ke perberhentian Street Car yang letaknya cukup dekat dari hotel (kira-kira 10 menit). Sudah cukup ramai orang yang menunggu diperberhentian itu.


The map


Walaupun isi dari peta sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris, tetap saja didalam bis kami sempat bertanya pada penumpang sebelah dimana letak bom dome berada :P . Well akhirnya sampai juga kita di Atomic Bomb Dome yang terkenal itu.


DSC_0192


Dibagian depan pintu masuknya kita sudah bisa melihat bangunan dome dengan megahnya berdiri. Terlihat tanaman hijau disana-sini dan hari itu pengunjung pun lumayan ramai. Tepat saat kita masuk terdapat satu momunem dari batu yang dihiasi oleh dua vas bunga kecil.


DSC_0281


Monumen tersebut adalah Monument of The Hiroshima District Lumber Control Corporation yang dibangun untuk mengenang para pekerja yang meninggal dalam tugasnya pada saat bomb atom jatuh.


Atomic Bomb Dome


Dilanjutkan ke Atomic Bomb Dome atau disebut sebagai Genbaku Dome adalah salah satu gedung masih setengah selamat dari bom yang dijatuhkan oleh Amerika pada tanggal 6 Agustus 1945. Terletak di Area Peace Memorial Park yang lumayan luas. Berseberangan dengan Sungai Aioi dimana pada waktu bomb dijatuhkan banyak orang yang terkena ledakan melompat ke dalam sungai tersebut.


DSC_0183


Gedung Bomb Dome itu tadinya adalah Hiroshima Prefecture Industrial PromotionHall yang dibangun pada tahun 1915 oleh Jen Letzel seorang arsitek dari Czech, sebagai sarana untuk mempromosikan produk-produk di Hiroshima Perfecture. Pada tahun 1996 gedung ini terdaftar sebagai the UNESCO World Heritage List.


Atomic Bomb Dome


Gedung ini masih sangat terawat dikelilingi oleh pagar besi berwarna hitam dan pengunjung dilarang untuk memasuki area gedung. Di salah satu bagian luar pagar gedung terdapat beberapa rangkaian bunga untuk mengenang peristiwa bom tersebut.


DSC_0269


Di area dekat dome, terdapat patung atau monumen yang disebut sebagai Memorial Tower to the Mobilized Students dibangun oleh Hiroshima Prefecture Mobilized Student Victims Association, yaitu para keluarga yang ditinggal mati oleh anak-anaknya ( pelajar dari sekolah menengah keatas ) yang pada tahun 1944 dimobilisasi oleh pemerintah kota Hiroshima untuk bekerja di pabrik mesiu dan sejenisnya.


DSC_0271


Pada waktu bom atom di jatuhkan terdapat kurang lebih 6300 orang yang meninggal. Tepat dipatung monumen tersebut banyak bergantungan origami burung kertas yang dibuat oleh pengunjung sebagai lambang perdamaian.

つづく....

10 comments:

sefa firdaus said...

huaaaaaaaaaaaa... kapan ya aku bisa mampir ke Hiroshima? ngumpulin uang yg banyak dulu kali ya :))

fotonya cakep-cakep Els, udah diupload di Flickr ya? aku lagi males Flickr-an, maklum aku-kan angin-anginan :D

ini online pake PC, laptop masih dirumah sakit... ya ampun, lama bener yaa pake PC, maklum jadul :D

Simplicity said...

oh itu hiroshima, ternyata yg bekas kena bom gedungnya engga ampe bener2 ancur ya sye..
bener2 terawat, nah kalo nagasaki jauh?

Elsye said...

bisaaa Faaa...qiqiiqiq, thankss yaaa....iya gue juga suka angin2an sekarang lagi mulai belajar lagi nih Fa :(((

btw, moga kompi cepet sembuhh yaa ..:D

to foni ; yoi sayy, ayo dong kapan kesini :D, nagasaki lebih jauh lagi say...gue ga kesana kejauhan soalnya :D

Vivi said...

baca dari yang hari pertama, indah banget ya Jepang, cuacanya kayaknya juga bersahabat sekali. Kotanya emang bersih selalu ya mbak?. Kapan kesana ya?!:) Makasih unt foto-fotonya yang indah....serasa jalan-jalan ke Jepang

Elsye said...

sama-sama Vi :D....ini sebenere masih banyak tapi aku rada capek nulisnya...hihihihihi....

Ayin said...

oh iya itu hirosima, inget dolo pernah liat photonya jama sekolah :)

eliza said...

aku baru blogwalk lagi Sye, cantik2 fotonya di Hiroshima nih...

elsye said...

to ayin : hihihi bener say :D

to eliza : sengkkiyuuu :D..kompi udah sembuh ya :D

Vania said...

woah, telat dakuw Sye.
Udah release ceritanya toh. Mmm fotonya bagus2.
Satu hal yg menarik adalah... Jepang itu bersih banget yah (dibandingin ama tempatku di sini) :D

Elsye said...

hihihi, bersih banget Va, gue aja bingung kok bisa sebersih itu, soalnya orangnya2 tertib...:D ga buang sampah sembarangan...hihihi