Sunday, June 14, 2009

Bubur Ayam : Alternatif sarapan pagi

Kalo kamu lumayan punya banyak waktu di pagi hari, bubur ayam bisa jadi pilihan sarapan pagi yang lumayan mengenyangkan.



Bubur Ayam SUkabumi


Bubur Ayam


Bubur
Bahan :
1 1/2 cup eras
2 liter air
1 1/2 sdt garam
2 lembar daun salam
kaldu ayam bubuk (optional)

Kuah Kuning
Bahan :
2 buah dada ayam ukuran sedang
750 ml air
garam sesuai selera

Bumbu Halus :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
1 1/2 sdt ketumbar
2 butir kemiri yang sudah disangrai
1/2 sdt kunyit bubuk


Bubur Ayam Sukabumi


Bahan pelengkap :
Bawang goreng
Kerupuk kanji
Cakwe
Kacang kedelai goreng
Irisan bawang daun seledri
Kecap Manis
Suwiran ayam

Cara Membuat :
Bubur :
Rebus beras dan air, beri garam, daun salam dan kaldu bubuk. Aduk terus hingga mengental, jika air mulai berkurang tambahi sesuai selera.

Bubur Ayam Sukabumi

Kuah Kuning :
Di dalam panci, tumis bumbu halus hingga wangi, masukan dada ayam beri air dan garam tunggu sampai matang dan mendidih.
Sisihkan ayam, jika suka bisa digoreng atau dipanggang, suwir-suwir ayam

Hidangkan bubur serta bahan pelengkapnya.

9 comments:

Bunda Nadine said...

nyam-nyammm ... tfs ya mbak, bisa jd ide sarapan minggu pagi daripada musti beli buryam kluar rumah dulu :)

Manyaro said...

jadi pengen bubur, ngan cakwe kudu beli ke Cleveland...jauhhh 'sye! ari di bdg mah gw tinggal nyebrang rumah...sedihh nich...:(
Btw, cakeppp fotonya...meni sederhana ngan cantiikkk....
Kirim atuch satu mangkok bubur..please...hehehe...

Mochachocolata Rita said...

wah pengennnn apalagi yg bekuah kuning gini...mengingatkan hari2 lari pagi keliling senayan (halahhhh abis jalan dikit trus nongkrong makan bubur, itu ndak bisa dibilang lari pagi toh yaaa)

Dian Degen said...

Yamm..yamm..kl gw disini bubur ayam buat makan malem..hehehe..
Cuma krn ga ada cakwe, jd ya ada yg kurang aja rasanya.. Tapi biarlah tak ada cakwe buburpun jd..hehehe..

armouris said...

info tentang sarapan pagi kat sini - Sarapan Pagi Kuatkan Otak

armouris said...

info tentang sarapan pagi kat sini - Sarapan Pagi Kuatkan Otak

Retno Prihadana said...

wah...nemu bubur ayam disini, koq ya pas hari ini aku bikin bubur ayam juga, klo nggak bakal ngences deh :)
Bumbu yang elsye lebih komplit, sedeeep!

Fitri said...

Potonya apik :-) Eslyeeee.. yayayaya..itu kerupuk bikin kangen.

Arfi Binsted said...

susah ya Sye moto bubur ayam. ga kelihatan teksturnya kayak apa. kalo kita yang dah tahu bubur ayam gimana sih gampang bilang itu bubur ayam tp buat mereka yang ga ngeh ga bakalan tau yang dihidangkan itu apa. aku pernah eksperimen dg bubur, blum puas. yuk eksplor lagi!!