Saturday, June 6, 2009

KBB #11 : ONBITJKOEK

Kue ini adalah resep tantangan ke sebelas di Klub Berani Baking, setelah saya dikirimi resep oleh host bulan itu sudah dua kali saya membuat kue ini, tapi apa mau di kata waktu untuk pemotretan si kue selalu terlewati. Entah kuehnya habis atau malah saya mesti mengerjakan pekerjaan lain.


Obinjtkoek


Rasa kue dengan rempah-rempah ini memang sangat mengundang, selain aroma wanginya yang khas rempah teksturnya pun spongy. Walau kalo boleh jujur ada rasa kering di kue itu. Mungkin karena tidak ada pemakaian margarine atau butter dalam pembuatannya.

Onbitjkoek
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.


Bahan :

125g gula palem/gula merah

5 kuning telur


3 putih telur


Obinjtkoek


Campur rata :

125g tepung terigu,

1 sdt peres kayumanis bubuk,

1/2 sdt pala bubuk,

1/4 sdt cengkih bubuk

50g kenari, iris tipis --pake almond.


Obinjtkoek


Cara Membuat :

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.

Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.

Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.

Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang).

Taburi irisan kenari.

Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

8 comments:

Silvia said...

Ini sejenis roti ya, Els? rempahnya hampir seperti spekkoek? Kelihatannya enak!

bee said...

dear elsye,
there's something for you at jugalbandi. congrats!!

Manyaro said...

Elsye,

Juara pertama di Click lho...fotonya alus pisannnnn.....saya suka, ari saya kira teh Elsye masukinnya telat...:) hehehe...

Selamat yach...eh, itu teh kue ONBITJKOEK jadi bikin ngabibita...pengen nyoba jadinya...:)

Widya Hidayat said...

mba Elsye - aku beneran nih mau belajar motret nya.. Selamat yaaa - udah menang Click!!!

Mochachocolata Rita said...

wah stylinge keren banget ini els...dan cakemu ayu banget...punyaku bawahe selalu ngelumpuk...kenapa ya...

Mira Assjarif said...

Teeh.. Fotonya keren bangeeet! Suka pisan ngeliatnya. Selamat yah udah menang Clicks. :)

Sofie said...

duuuhh... fotonya kereennn pisaaannn... *ngacaaayyy..*
Ajarin atuh kumaha biar bisa spt dirimu :D

Foni said...

sye lo juara lagi? hihi blom liat fotonyee
dkau dah lama kg beredar nih..
congrats ye..
bener kuenya agak kering empuk tp enak ya sye,wanginya eiii