Monday, January 26, 2009

Tukang Patri Sang Penyelamat Tutup Panci

Dulu, jamannya saya masih tinggal di tempat yang lama ada tukang patri langganan yang sering ngider di komplek saya. Si bapak ini sudah lumayan tua, dengan sepedanya tiap hari akhir pekan pasti beliau membunyikan bel sepedanya.

Walau ga mau matri, saya paling suka ngasah pisau dapur saya karena selain jual jasa patri si bapak juga tukang asah pisau :D

Sekarang, saya pindah rumah, baru kemaren tutup panci dandang saya copot karena kepanasan,iya itu tutup panci cantolan atasnya ternyata terbuat dari plastik.


patri

+/-


Ga disangka di komplek saya yang baru, ada juga tukang patri yang ngider, tanpa pikir panjang saya stop si tukang patri. Yang ini juga udah lumayan tua dengan peralatan patri yang dibawanya mulailah si bapak beroperasi memperbaiki tutup panci.

patri

Tangannya mulai cekatan memperbaiki tutup panci saya. Dinyalakannya corong yang tepat berada di depan alat patrinya kemudian keluar deh percikan api yang berfungsi sebagai pemanas seng untuk sambungan tutup panci saya.

DSC_0093

Diputarnya putaran roda di alat patri itu, makin cepat di putar makin besar api yang ada di corong depannya. Setalah menggunting sedikit seng untuk sambungan dibuat lah bentuk melingkar.

DSC_0109

Setelah itu si bentuk ini dipanaskan agar terlekat satu dan lainnya.

DSC_0115

O iya ada satu botol kecil yang katanya bahan kimia yang biasa di beli di pasar, saya sendiri ga tau apa namanya begitu juga beliau tapi bahan kimia itu dipakai untuk memanaskan arang di corong depan alat patri

DSC_0102


Awalnya saya penasaran, karena peralatan patrinya yang terlihat usang, saya tanya sudah berapa lama beliau jadi tukang patri, ternyata hampir 30 thn, si bapak bergelut di dunia perpatrian :P no wonder kalo memang peralatannya udah usang.

DSC_0124

Nah ga berapa lama si bapak mulai menyambungkan aluminium itu dengan cantolan plastik panci saya, ehmmm luamyan cepet juga kerjanya jelas lah 30 tahun gitu loohh...

DSC_0129

Akhirnyaaa..tutup panci saya selesai juga pfuuihhhh..bisa ngukus lagi deh soalnya kalo saya mesti beli yang baru, ehmm pikir dua kali deh, walau panci aluminium ini bukan panci kualitas super,tapi lumayan lah buat rebus-rebus dan ngukus kue juga sayur.

Cuma satu doa saya buat si Bapak, semoga beliau diberi kemudahan dalam bekerja, kesehatan dan rejeki yang lapang...amin

14 comments:

sefa firdaus said...

amin amin...

gue jadi inget jaman gue kecil, abang gue naruh artikel koran didinding kamar tidurnya di Bandung..
artikel ttg tukang patri yg sudah keliling kampung seharian, tapi tidak ada yg memakai jasanya...
artikel itu sama abang gue dijadikan pengingat utk selalu bersyukur atas semua rahmat dan rejeki yg Allah kasih, karena masih banyak orang-orang yg nasibnya kurang beruntung dibandingkan kita :(

tulisan elo ini bikin gue inget artikel itu, dan gue nangis :(

A.G said...

bapaknya grogi ga wkt dipoto hehe :D

Retno Prihadana said...

Buat si bapak, yang penting beliau mencari rezeki yg halal, jauh lebih baik daripada minta-minta. Jadi inget kakek2 yg suka jualan keliling udah pikulannya berat...jarang yg beli. Ahhh...jadi sedih. Terimakasih ya elsye..postingannya bener2 menggugah hati dan mengingatkan kita. Jadi inget bojoku paling marah kalo ada makanan yg sampe dibuang-buang atau mubazir...sementara ada orang lain yg kelaparan/memerlukan. Elsye, photonya yg paling atas dan paling terakhir bener2 photo jurnalistik deh...semuanya tercermin dari tangan si bapak..ahh...elsye aku jadi terseduuu.

Mira Assjarif said...

aduh masih ada tukang patri? langka banget tuh... :)

Indonesia-Eats said...

Butuh banget jasa si bapak neh... secara di sini kl bolong mesti nambel sndr atau masuk tong sampah...

MiNDY said...

emang ya suka sayang klo buang barang yg sebetulnya masih bisa dipakai. untung banget di Indonesia masih ada tukang patri seperti si-bapak. semoga beliau selalu dimudahkan jalannya untuk mendapat rejeki. makasih El buat ngingetin kalau qta harus selalu bersyukur..

Judith-CH said...

Foto2nya mencerminkan sebuah fenomena kehidupan, sangat terharu memandang guratan2 tangan sang tukang patri dikelilingi peralatan yang langka pada zaman seperti sekarang ini.. dia masih bekerja mencari nafkah demi mengisi kekosongan waktu, semua melewati sebuah perjuangan yang keras diiringi senandung melodi hati..

Aku ngiri liat tutup pancinya Elsye, karena aku nggak punya dandang kayak gitu, ditempatku nggak ada yang jual :( hiks... *tipe wanita pengagum panci*

Foni said...

amin semoga ya sye
gue kadang suka engga tega liat orang2 tua yg masih mencari, tp bagus kita liat semangatnya ya.
indonesia mang khas banget ya,ngangenin.
dandanglo pasti sama ama gue..gue bawa dari jkarta tuh spesial buat kukus2 ukuran kecil masuk koper hahaha.. nolong banget deh itu kukusan

Anonymous said...

waduh sy lagi kesulitan cari tukang patri nih.. ada yg tau dimana biasa ada tukang patri di daerah tangerang kota?? ga ada di yellow pages ni.. tq Bagus

Elsye said...

to sefa : emang sedih say, gue aja kadang ga bersukur dengan apa yang gue punya, nah si bapak..capek banget kali tiap hari matri panas2an :(

to ayin : hihihi dia santai aja yin, ga tak poto mukane...

to mbak retno : sama mbak kita kadang mesti banyak bersukur...hikss...thanks mbak

to mira: di termpat gue masih ada Mir...hehehheeh

to pepy : bangetss, secara panci gue kan aluminium hihihi..

to mindy : sama2 jeng...:) tapi emang bener suka sayang gue kalo buang barang yang masih bisa di pake...

to mbak judith : hihihi samaan aku juga suka panci...qiqiqiiqiq

to foni : halahhh bisanya lo bawa kukusan masuk koper pula..hahahah, tapi berguna ya say

to bagus : ehmm saya juga ga tau ada dimana kalo di tangerang kota, makasih udah baca ya :D

peah @ peps said...

..bagusnya ada tukang pateri..di Malaysia susah mau cari...:)

Mochachocolata Rita said...

wowwww foto2ne kerennnn els...ini yah enake di indonesia, orang2 dipotoin pada semangatttt hehehe

wingi aku ke pasar baru mosok tukang jual baju jadul maksa banget minta dipoto walahhhhh

Fitri said...

jadi kangen mudiiiiiiiiik...

Rurie said...

Ah Els, aku jadi mau nangis bacanya terharu...jadi lebih bersyukur buat apa yg sudah aku punya and don't take it for granted.
Makasih ya udah bantu ngingetin...
Tulisan n potomu keren deh :D