Friday, April 3, 2009

KBB #10 : Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks

Postingan yang terlambat, sebenernya udah bikin dari seminggu yang lalu hanya, telat pemotretannya :(

Rasa shortbread sticknya bener-bener nendang. Renyah dan manisnya samar-samar, karena dikurangi sedikit gula halusnya. Cara pembuatannya juga cukup mudah, kamu ga perlu mengeluarkan mixer untuk mencampur semua adonannya. Hanya dengan jari-jari tanganmu semua adonan bisa tercampur rata.

Minted Shortbread Sticks


+/-


Saya mengganti vanilla batangan dengan perasa vanilla, dan saya menghilangkan daun mintnya karena memang cukup sulit menemukan daun mint segar.


Ingredient


Minted Shortbread Sticks

100g icing sugar

200g flour

100g cornflour

250g unsalted butter, softened

1 vanilla pod, seeds removed and reserved

1 sprig mint, chopped


Preheat the oven to 150C. Line a baking tray with baking paper.


Combine the icing sugar, flours, butter, vanilla seeds and mint in a bowl and mix well. Roll out to about 1cm thick. Cut into 2 x 8cm fingers. Place on the prepared tray and bake for 20-25 minutes, until lightly golden. Cool and store in an airtight container until required. Makes about 30.

Caramel Pot


Caramel Pots

125g caster sugar

2 Tbs water

125ml milk

250ml cream

3 egg yolks


baking blue


Whisk the sugar into the water in a saucepan. Heat carefully and cook to a golden caramel. Combine milk and cream in a separate saucepan and warm-do not boil. Whisk the milk into the caramel. Cool slightly.

Beat the egg yolks, until creamy. Gradually pour the hot caramel onto the egg yolks, mixing well.

Pour into four ramekins. Bake in a water bath at 160C for 30 minutes or until set. Remove the ramekin, cool then chill. Serves 4.


Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks


Well, untuk dua resep ini saya hanya membuat adonan 1/2 dari masing-masing resepnya, cukup buat kami sekeluarga. Karamelnya agak terlalu coklat mungkin karena waktu memasaknya yang agak lama. Tapi saya cukup puas dengan hasilnya. :D


10 comments:

Retno Prihadana said...

horeee..akhirnya bisa juga nyicipin dan menikmati(fotonya)elsye yg cakep :). Punyaku dah habis jadi nyolek caramelnya ah.

Dita said...

Gue nyolek karamelnya aja deh Sye. Demenan gue :)

Dapur Bia said...

Bangun enak.....alungkeun hiji atuh...!

Dwiana P said...

Sye, lagi enek nih gw ama yg manis2 mau diet kan pengen punya peyut ke elo wakakakakak.
btw, foto no. 2 bg elo itu apa? gw suka euy sama warnanya.

Elsye said...

@ mbak retno : aku juga udah abiss mbak...hihihihi malah mau bikin lagi dan remake potone :D

@ dita : sippp makk..buat bumil gue kasih dweh...qiqiqiiq

@ teh bia : heheheheh ka dieu teh :D

@ dwi : kakakakak, gue juga lagi diet..bener2 dweh di indo apa aja ada..wakakakak

BG triplekk...kekekekkeke...yang gue pake waktu pemotretan props..:D...

Fitri said...

aku suka foto 'peralatan tempur' nya .. keyeeen..

Roossy Tirta said...

Elsye, sorry nich udah brp kali kesini tp belum comment. Foto ke 2suka liatnya sama kaya Dwi....jadi bikin inspirasi nich...mau coba BG kayu ahhh...hehehe...plagiat nich aku! :)

Judith said...

Hmmm nyammmi buat nemenin minum kopi :)Seperti biasa foto2nya keren Sye ;)

Mira Assjarif said...

Beneran liat foto Teh Elsye mah langsung pengen ngopi.. Hanjakal shortbread-na udah abis euy.. ihiks..

ienas said...

Akhirnya nongol juga karamel dan biskuitnya...