Sunday, April 19, 2009

Sup Ayam Jamur

Sarapan pagi jadi kewajiban buat keluarga saya (ga termasuk saya :P). Ada kalanya saya kebingungan untuk membuat variasi sarapan. Kalau ga roti, oatmeal atau malah bubur ayam.

Baru terpikir untuk menyediakan aneka soup yang ringan untuk sarapan pagi, tadinya soup ini akan dihidangkan gaya Zupa Soup ala NCC, tapi karena sudah kepepet waktu memanggang akhirnya soup hanya disediakan begitu saja tanpa tutup seperti layaknya Zupa Soup.


Chicken Soup


+/-



Dengan sedikit modifikasi soup jamurnya sebagai base Zupa Soup pun berubah menjadi soup jagung :P

Sup Ayam Jamur
Sumber : NCC

Bahan:
100gr jamur kaleng, cincang (versi saya : jagung pipilan)
150 gr ayam rebus, potong dadu
50 gr bawang bombay, cincang
1,5 lt kaldu ayam
250 ml susu evaporated (versi saya : susu cair full cream)
50 gr tepung terigu (versi saya : ditambah 50 gram tepung maizena)
100 gr mentega
½ sdt merica bubuk (versi saya : ditambah bubuk pala)
2 sdt garam
1 sdt chicken powder


Chicken Soup



Cara membuatnya:

1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan tepung terigu, aduk rata, biarkan terigu matang, tuangi susu dan kaldu, aduk rata biarkan mendidih, pindahkan kedalam panci.

2. Masukkan ayam, jamur dan bumbu lainnya, aduk rata. Tes cicip, bila sudah pas, matikan api.

9 comments:

Mira G. Lestari said...

wiih kentel pisan. Pasti gurih dan yummy nih..

Nisa-mom said...

elsyeeee...itu jam berapa bangun, bisa nyiapin sarapan hangat dan ambil foto yang cantik sih...doh klo gue udah kebakaran jenggot kali *diih..emang jenggotan hihihi*

peah @ peps said...

..hi elsye..emm..i love bubur...nanti ujung minggu saya try resepi kamu ya..

your photo makes me drooling..

Retno Prihadana said...

nyammmy banget, fotonya cakep. aku suka beli yg dari sachet..hi..hi, kapan2 ikutan bikin sendiri kayak gini, TFS.

Elsye said...

@ mira : he eh Mir kentel jigana :P tapi pas di bikin zupa soup jadi encer kunaon nya ?

@ fitri : maaakkkk gue b angun jam 3 subuh..wakakak capekk ya boow, sengkiiyuuu

@ peps : thanks for your comment peps, itu bukan bubur pep, tapi soup memang agak kental :D

@ retno : thankss mbakk :D sama-samaa :D

Lia said...

Makasih infonya ya Elsye, aku juga baru tau dikasi link ama temenku. Wahhhhhhhhh kebangetan banget bikin buku nyolong hasil karya orang lain. hikssssssssssssss

Justin said...

this is beautiful too...

Elsye said...

@ Lia : siiiiippppp ;D moga cepet beres Li

@ Justin : thanks :D

ika kurnia said...

lagi jalan2 nemu zupa soup....lam kenal yah mba..klo ketemu zupa soup jadi pengen comment terus...hbs bikin penasaran