Monday, September 15, 2008

Week End : Fushimi Inari - Kyoto

Fushimi Inari - Kyoto

Ada banyak tempat di sini yang belum kami kunjungi, Kyoto salah satu kota yang ramai di datangi oleh turis. Kami sebenarnya sudah beberapa kali bolak balik ke Kyoto, hanya sama sekali tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata yang begitu banyak disana.

+/-



Akhir minggu ini dengan perencanaan sebelumnya, ada tiga tempat yang akan kita datangi, Museum Lokomotif, Gion dan Fushimi Inari Shrine. Enaknya disini, kalau kita hendak pergi ke suatu tempat semua informasi dapat di download lewat situs resmi di internet..:P, sehingga bisa direncanakan jauh-jauh hari.Fushimi Inari, tempat kedua yang kita kunjungi akhir minggu ini, setelah museum locomotif.

Terletak di Fushimi-Ku Kyoto, 3 menit berjalan kaki dari Fushimi Inari JR Station. Ini adalah salah satu Shinto shrine yang didedikasikan kepada Inari atau Dewa Padi, Sake dan Kemakmuran (Prosperity) dan salah satu shrine tertua.

Fushimi Inari - Kyoto
Fushimi Inari - Kyoto

Shrine ini menjadi pusat dari 40.000 shrine yang didedikasikan untuk Inari (dewa padi, sake dan kemakmuran) di seluruh jepang. Memasuki area shrine, terdapat beberapa gedung dengna bangunan yang khas terbuat dari kayu yang digunakan untuk berdoa.

Biasanya pengunjung memanjatkan doa untuk kemakmuran dan kelancaran bisnis atau usahanya. Dan akan banyak dikunjungi oleh pelaku bisnis diawal tahun baru. Bangunan-bangunan yang berada di area tersebut tertata rapi dan bersih, sangat terjaga dan terawat. Shrine ini dikunjungi tidak hanya wisatawan lokal tapi juga dari manca negara.

Gedungnya kebanyakan berwarna terang, merah, orange dan kuning, dengan di lengkapi pernak pernik berwarna emas yang banyak bergelantungan di langit-langitnya.

Fuhimi Inari-1


Lampu-lampunya pun berukir dan kebanyakan berwarna terang. Kuning kemasan dan juga merah menyala.

Memasuki daerah sebelah kanannya terdapat ratusan lempengan kayu kecil yang berisi harapan, keinginan atau doa yang pengunjung tulis disitu. Dari berbagai bahasa dan dari berbagai negara.

Fushimi Inari - Kyoto
Fushimi Inari - Kyoto


Dari halaman depan shrine, kami memasuki daerah Tori yang terkenal itu (tori = pintu gerbang) terlihat jelas berjajar ribuan tori menuju puncak gunung. Warnanya yang khas merah menyala dan disisi kanan kirinya jelas tertulis huruf-huruf kanji.
Tori ini sangat besar dengan bentuk yang khas. Di hampir shrine di Jepang, bentuk torinya hampir serupa.

Fushimi Inari - Kyoto



Tori ini adalah donasi dari banyak pengusaha di jepang yang telah berhasil. Bertuliskan nama si donatur dan nama perusahaannya. Ada ratusan ribu tori kecil dan ribuan yang besar. Luar biasa ..

Kami menapaki tangga yang terbuat dari batu yang cukup panjang, walau waktu sudah mendekati Maghrib, tetapi pengunjung masih terus berdatangan. Memasuki lorong- lorongnyayang panjang dan gelap memang membuat bului kuduk berdiri, didalam lorong itu menggantung beberapa lampu yang berukir dan siap menerangi daerah tori tersebut.

Fuhimi Inari-2

Sampai pada salah satu tempat berdoa lainnya. Sama seperti daerah di depan tadi, disini pun banyak tergantung lempengan kayu yang bertuliskan doa, dan ada satu spot yang digantungi oleh banyak kertas-kertas putih berisi doa dan harapan.

Fuhimi Inari-5

Di spot lain, terdapat semacam kolam kecil yang airnya terus mengalir. Beberapa ciduk untuk mengambil air pun disediakan disana. Biasanya pengunjung meminum air tersebut kemudian berdoa. Airnya lumayan jernih dan bersih.

Fuhimi Inari-3

Sebelum bertambah gelap, kami memutuskan untuk menyudahi perjalanan di Fushimi Inari. Menuruni tangga-tangganya yang kokoh dan liukan lorong yang terlihat entik memang satu pemandangan yang tidak biasa. Sangat khas dan sangat Jepang.

Fushimi Inari - Kyoto

Melewati halaman yang luas tadi, kami sempatkan sejenak menambil air disalah satu bangunan disana, air ini memang untuk berdoa dan diminum oleh pengunjung, sama persis dengan tempat air yang kami temukan diatas tadi.

Fuhimi Inari-4

Ok...sampai jumpa di weekend berikutnya !, Terima kasih sudah membaca :D

14 comments:

Judith said...

Pernah liat berita swiss tipi tentang Kyoto. Memang cantik2 tempelnya dan bener2 masih berbau Kultur nenek moyang jepun.

Makasih juga dah cerita ttg jepang dan adat istiadatnya :D .. buat menambah pengetahuan wisata, he he..

Ayin said...

keren.. warnanya ngejreng-2 :) jd betah liatnya :D apalagi yg ngunjunginya, tanganya gatelan pgn motret trs.. betul ga Elsye hehe
pix say 1000 words

MiNDY said...

jadi pengen ke Jepang abis baca cerita wiken elo mak. tfs yaaa

Elsye said...

to mbak Judith : hehehe, sama2 mbak :D...soale aku lagi ga bikin kueh wakakaka jadi tak posting ini ae

to ayin : siniiii yinnn, biar bisa poto2 bareng :P

to mindy : he eh say, elo kesini dwehh..dijamin ga bakalan berenti moto :P

Sheila said...

El, gue ngiri sama elooooo. Dari dulu, salah satu mimpi gue tuh motoin Tori-nya Jepang yg ada huruf2 kanjinya itu. Huhuhu...kapan dong gue bisa ke sana??
Foto2 lo keren, El. Elo pinter nyari obyek & angle yg menarik.

foni said...

lo ikutan berdoa disana nga sye?
siapa tau terwujud

Nilmandra said...

I've always wanted to go to Kyoto. Thanks for sharing those beautiful photos :)

Elsye said...

to sheila : sengkkiyuuuu...tar kapan2 lo mesti kesini dehh :D

to foni : ga fon gue sibuk sama anak gue hahahahah..

to nilamdra : you're most welcome Nilamdra, You should visit Kyoto, it is a beautiful place.

Retno Prihadana said...

Kapannn ya bisa sampe ke Jepang :). Itu foto balok kayu yang jejer2 warna merah keren banget elsye.

dwiana said...

Nice story and photographs Els. Iya gw gk update problemnya sekarang lappy gw crash. baru di restore lagi.

semua foto2 hilang. moga foto2 baru gw masih terselatkan di external back up gw. kalau gk ya kagak bisa posting:(

Elsye said...

to mbak retno : ayookk mbakkk :D

to Dwi : pantess say, elo jarang apdett ...gue tunggu apdetan elo ya, semoga kompi cepet beresss

mae said...

kapan ya ksana ? duuh asik banget deh klo tiap wiken acaranya jalan2 sm mbak Elsye *pengen setengah ngimpi*

makasih ya dah cerita2, aku suka sekali bacanya. En luv your photos, always !

sefa firdaus said...

ihiks... pengen ke Jepang dong *apa daya, ke Indo aja gak punya uang, hihihihihi*

Mochachocolata Rita said...

pengen kesana euyyyy aku cuman pernah ke tokyo ma hokkaido...kurang banyak temple2nya...tapi hokkaido cakep banget ih, jd pengen kesana lagi