Thursday, December 11, 2008

Dadar Gulung Si Hijau Yang Manis

Dadar gulung si manis yang selalu legit bila digigit. Berkulitkan lembaran dadar dengan warna hijau yang khas dengan isian unti, kelapa parut yang dicampur dengan gula merah.

Kadang ada sebagian orang yang mencampurkan unti dengan irisan nangka, hingga rasa yang dihasilkan menjadi agak berbeda tapi tetap manis dan legit.

Resepnya seperti biasa saya ambil dari dapur Ayin, sang jago masak dari Norwegia.

Dadar Gulung


+/-



DADAR GULUNG
Sumber : Ayinda

Bahan :
Kulit :
200 grm tepung terigu
150 ml santan (saya ganti dengan susu)
sejimpit garam
1 butir telur
beberapa tetes pandan essence ( opt )
1 sdt margarine cair (saya pake 1 sdm margarine cair)
air secukupnya kalo adonan terlalu kental

Isi Inti :
100 grm kepala parut ( pk yg kering jg bisa )
50 grm gula palem/merah/pasir
1 lembar daun pandan
1oo ml air
sejimpit garam


Unti ?


Cara membuat :
Campur semua bahan kulit didalam baskom
Aduk rata dan jangan sampai bergerindil ( saring kalo ada )
Panaskan wajan teflon diameter 20 cm
Tuangkan 1 sendok sayur dan ratakan diatas wajan dengen menggoyangkanya
Masak sampai dadaran matang
Angkat dari wajan, ulangi sampai bahan dadaran habis
Lalu isikan bahan inti, gulung dan sajikan

Isi Inti :
Masak semua bahan isi sampai matang dan airnya menyusut dan kering
Isikan didalam dadaran

13 comments:

A.G said...

Yuhu.. dadar gulung tayang.. amaksih Elsy udah pk resepku :) gampang n lekker

sefa firdaus said...

tidaaakkkkkkkkkkkkkkkk
aku mau dadarnyaaaaaaaaaaaa

asik asik... mata gue udah seger lagi skg ngeliatin foto-foto cakep elo Els ;)

Ellen said...

Tadi aku baru makan dadar gulung!Coincidental amat sih! :D

Lidia Sianturi said...

nyum nyum...cantik El...kayak yg bikin..hehehe..

MiNDY said...

jadi pengen dadar gulung tapi yg ga kemanisan :d waktu itu gw bikin, unti-nya dikasih jeruk nipis dikit. enak dweh, asem² syeger

Widya Hidayat said...

Mba Elsyeeeeeeeeeee.............
Poto-poto mu selalu lho bikin ngiri....
Mbok ya aku diajariiiiii :(

mae said...

cakeeep... kyak orangnya :) kirim ini ya buat MFM, sekalian buat bu hostnya :D

elsye said...

to ayin : sama2...hihihihi sengkkiyuuu yaaa

to sefa : bikin gue ge er nehh..qiqiqiiqiq..sengkiyuuu sayy

to ellen : thankss ellen udahmampir :D

to lidia : sengkkiyuuu sayyy..:D

to mindy : he eh gue juga ga suka terlalu manis :D bikinn yukkss

to widya : kapan dong ketemuan..hehehhehe...aku yo diajarin bikin cake :P

to mae : pasti aku ikut say..heheheh

Sofie said...

whuihh.. dargul euy :D
fotonya juga kereen

Foni said...

ini gue doyannnn bangett, tp cuman memendam..gue blom berani praktek ini soale takut dadarnya ancur, berhubung bikin dadar telor aja kok ancur mulu hihih

Abby said...

duh Els..dirimyu emang piawai..potona cantik...warna hijaunya jg pas dan seger..:)

Elsye said...

to sofi : sengkkiyuuuu :D
to foni : ga bakalan ancur say, coba dwehh :D
to abby : sengkkiyuuu :D

Mochachocolata Rita said...

asikkk elsye sampe indo dapur ngepul terus iki hehehehe gelem dadar gulunge els