Friday, December 12, 2008

Jajan Pasar : Kue Klepon

Manis,kenyal dan legit dan gula jawannya yang lumer di lidah. Kue Klepon jajanan pasar yang banyak penggemarnya. Biasanya dapat dibeli di pasar-pasar tradisional. Dengan memakai wadah daun pisang atau dikemas dalam plastik kecil.


Kue Klepon

+/-



Kue Klepon
Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr tepung beras ketan
50 gr tepung beras putih
80 ml air daun suji (saya pakai pasta pandan)
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah, sisir
½ btr kelapa, kupas, parut
¼ sdt garam
1 ltr air (saya pakai 300 ml air)


Coconut Sugar aka Gula Jawa



Cara membuat:
- Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, aduk rata. Sisihkan.
- Campur air daun suji dan air kapur sirih
- Tuangi tepung dengan campuran air daun suji, aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang liat.
- Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola.
- Masak air hingga mendidih, celupkan bola-bola kelepon, biarkan hingga matang dan mengapung.
- Angkat, langsung gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam.

13 comments:

MiNDY said...

dah lama ga makan klepon, tapi mau bikin juga males karena yg makan gw doang. asik ya Sye bisa bikin jajanan pasar sekarang karena bahannya kumplit.

sefa firdaus said...

gue pengen bikin klepon dari jaman dulu, sampe skg belum-belum juga :D

Retno Prihadana said...

Waah..elsye bener-bener rajin deh, asik banget bisa pake air daun suji asli. Hikkks..aku cuman bisa pake pandan pasta.

Retno Prihadana said...

ehh...baru menyimak, ternyata pake pandan pasta juga ya, tosss deh klo gitu..he..he:)

Lidia Sianturi said...

fotonya lagi2 apikkkkkkkkk...
mau blajar El..

Foni said...

sye, yg dipitain gula jawa?

Arfi Binsted said...

Elsye, selamat datangggggg, welkom bek, maaaaaaaaaaaakkkk!! ngga ngos2an kan? hiyakakakakkkk!!! Ente pindah2 aja sih, sebentar di Jepun sebentar di Jakarta lagi, entar tahu2 dah jadi tetangga gue di sindang hiyakakaakkkk!

Elsye said...

to mindy : bikin yukk makk..hehehehhe

to sefa : kekekekek bikinn bikinn bareng mindy :P

to mbak retno : kekekek ternyata pake pasta pandan juga ..tooozzz

to lidia : sengkkiyuuu dearr....:d bikin kembang kempis neh ..:P

to foni : he eh..kekeke itu gula jawa :D

to mbak arfi : makkkkk gue datang lagiiii..wakakkaka..he eh moga2 sih bisa tetanggan bareng dirimu, pengen banget booww ke NZ :P

Abby said...

Elsyee..aku pencinta klepon..:D
di sini kl makan klepon selalu ingat rumah..jadi pengen buat juga ahh..:x

Elsye said...

hehehhe bikinnnn say :D

Ayin said...

Kl didesaku bilangnya plekcur..nemplek lsg mak cur hehe :P... gula merah jawa .... aku ada yg aren beli dr Blanda kemaren tak irit-2 hehe.. disini adanya palm sugar yg pucet gitu

Mochachocolata Rita said...

paling asik ki pas kincane muncrat els hehehe

Judith said...

Seperti biasa .. foto nya keren2 sye :) aku nggak nolak dikirimi klepon darimu ...*males.net :D