Wednesday, December 10, 2008

Donat Kampoeng : Donat Kentang ala WH

Saya itu penggemar berat donat, tapi jangan salah dari sekian banyak donat paling suka ya donat kampoeng. Donat-donat londo saya paling ga suka. Selain tidak terlalu padat isiannya juga terlalu manis, bener-bener ga cocok sama lidah saya.


donat kentang


Blogwalking kemana-mana akhirnya pada satu kesempatan, WH aka Widya Hidayat pemilik Widyas Little Kitchen memposting penampakan donat-donatnya yang keliatan empuk dan gendut. Setelah beberapa kali email, ehmmm resep donat empuk Widya berhasil saya dapat..thankss yoo...mantep tenan donatnya..!


+/-


Saya buat setengah resep dulu untuk percobaan pertama, buat gampangnya saya pake cetakan donat dari seng. Selain lebih nyaman juga lebih cepat.

donat kentang

Donat Kentang ala WH
Sumber : Berbagai macam resep Donat Kentang

Bahan A :
550 gr tepung terigu protein tinggi
75 gr susu bubuk full cream
11 gr ragi instant
100gr gula pasir

Bahan B :
200 gr kentang, kukus, haluskan
semakin halus semakin baik tekstur donatnya kemudian sisihkan sampai dingin

Bahan C :
4 butir kuning telur
100 ml susu cair dingin/air dingin

Bahan D :
75 gr mentega
1/2 sdt garam

donat kentang

Cara membuat :
1. Campur bahan A sampai rata, masukan bahan B yang sudah benar-benar dingin, aduk rata.
2. Masukan bahan C , aduk uleni sampai kalis.
3. Masukakn bahan D uleni lagi sampai elastis (kalau dibentangkan sampai tipis tidak robek)
4. Istirahatkan adonan yang telah dibulatkan selama 15-20 menit sampai mengembang.
5. Kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap.
6. Timbang masing-masing, adonan seberat 40-5- gram, bulatkan, taruh diatas loyang yang bertabur tepung terigu, diamkan selama 20 menit dan biarkan mengembang.
7. Lubangi bagian dengan dengan bantuan pipa stainless ambil bagian tengahnya.
8. Donat siap digoreng dengan api sedang, biarkan agak kekuningan kemudian balik sekali sampai warna kekuningan, angkat.
9. Biarkan agak dingin taburi dengan gula donat atau celupkan ke DCC leleh, hias sesuai selera.

donat kentang

Thanks buat WH, donatnya bener-bener empuk dan rasanya mantap sampai besok harinya. :D

9 comments:

A.G said...

enak buat ngupi ya Jeng :)

eliza said...

belum pernah coba nih donat kentang Sye, males ngegoreng udah musim dingin :D

Indonesia-Eats said...

sama gak doyan donat sini.. doyan donat kentang ala kita

Elsye said...

ayin : he eh endang iki buat ngopi :D

eliza : kekekeke udah dingin bukannya enak buat goreng2 :P

pepy : hihihi bener doken emang nendang :P

Widya Hidayat said...

Akhir nya jadi juga Donat Kentang Kampung nya.... :P
Seeep seeep seeeeep....

Elsye said...

seeepppp...sengkiyuu ya Wid :D

Dwiana P said...

ini si donat kampung keknya maksa pengen gw bikin dah ah... gw doyan!!!

Abby said...

cocok pas sore2, sambil santai2...menikmati dunia..heheheh

Judith said...

Hhhmm ... mau banget nih donutnya sye :D