Saturday, April 26, 2008

Bikin Cream Soup Yuk ...!

Udah beberapa hari ini dirumah lagi terjangkit wabah pilek. Repot deh kalo gitu pengennya pasti makan yang seger-seger atau yang anget-anget. Sup jadi pilihan menu kalo udah pada pilek gini. Biasanya sih bikin sup ayam biasa yang dicampur sayuran standar seperti kentang, jagung sama wortel atau kalo lagi ada buncis ikutan juga dicemplungin ke dalam sup nya. :D

DSC_0018BS

Bosen bikin sup yang sama, pengen juga dong coba sup cream yang beda dari biasanya. Yang jelas mesti seger dan kalo dimakan enak waktu anget..:D. Banyak sih resep soup cream, tapi aku udah ngincer resepnya Annie dari dulu..:D. Selain bahannya ada, pass bener waktu itu ada sebotol pasta tomat di kulkas. Ya udah akhirnya bikin soup tomatnya Annie.

Tomat yang segar ternyata banyak mengandung vitamin A, selain itu dengan memakan tomat bisa mengurangi resiko kanker. Ada beberapa artikel yang berhubungan dengan tomat ini :
1. http://www.fabulousfoods.com/features/featuring/tomnutri.html#Nutrition
2. http://www.botanical-online.com/tomatesangles.htm

DSC_0013BS

Soup Tomat
Bahan :
  1. 1.5 l kaldu ayam
  2. Beberapa potong ayam
  3. Wortel
  4. Jamur merang
  5. Bakso ikan
Bumbu :
  1. 3 buah tomat merah ukuran sedang seduh air panas, kupas kulitnya potong dadu
  2. 1 sm pasta tomat
  3. ½ buah bawang Bombay cincang
  4. 3 buah bawang putih cincang
  5. 2 buah bawang prei, ambil putihnya saja, iris bulat
  6. 1 batang selederi cincang
  7. 1 st merica hitam bubuk
  8. garam dan gula secukupnya
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu sampai harum, masukkan tomat, aduk sampai setengah hancur
  2. Tuang ke kaldu ayam bersama bahan-bahan lain
  3. Masak sampai semua bahan matang
  4. Sajikan panas-panas…
Sumber : Annie

DSC_0041BS

Resep Annie diatas dimodifikasi sesuai dengan bahan yang ada didapur. Karena ga ada jamur merang maka diganti dengan kentang ukuran sedang sebanyak 2 buah. Karena ga ada bakso ikan, aku ga masukan kedalam supnya. Aku pake sedikit Basil untuk penyedap rasa. Juga aku tambah beberapa sendok teh gula pasir :P biar tambah sedap.

Soal rasa ternyata memang enak dan seger, apalagi dimakan waktu panas. Kalo dirumah sup ini dimakan bersama nasi. Atau naan bread. :D

10 comments:

Ayin said...

wah ini cucok utk menu si kecil.. suka ma tomat ma ayam hehe.... dimodif pk ayam enak kali ya ;)
tnx Elsy ada tambahan bnyk ide utk maemnya anak-2 ;) biasanya sih kl sup tomat dikasi macaroni gitu

Sheila said...

Elsyeee...foto-fotonya gak ku-ku!! Sluurrppp...udah kebayang enaknya dweeh.
Sayangnya suamiku agak anti makan krim sup tomat. Ada cerita di balik itu soalnya. Dia trauma sama masa kanak2nya yg dipelihara di panti asuhan. Hampir tiap hari tu' panti asuhan selalu nyuguhin sup krim tomat. Sampe suatu hari, dia udah blenger banget, trus muntah. Makanya dia wanta-wanti sama aku supaya jangan pernah masak sup krim tomat buat dia...huhuhu.

Sori jadi kepanjangan, Say :)

Sheila said...

Lanjut lagi yaaa...
Tapi sih aku bakal ngasih buat anak2-ku nih. Lumayan ada satu menu makan siang baru buat mereka.
Thanks udah disharing yaaaaa....

Dwiana P said...

laki gw kek nya bakalan doyan nih non. gw sendiri kurang suka ama yg namanya soup tomat gitu. waktu itu bikin juga soup tapi khusus buat laki ama anak (blon sempet ke posting)emang lidah dari dulu lebih doyan yg pedes2 hehehehe. btw, fotonya keren say. gw gk bisa loh moto tomat halus gitu. mesti deh ada shiny nya jadi bt. tapi apa boleh buat waktu berexperimen dah mepet ketambahan penyakit moto lagi kambuh qiqiiqi.

Retno Prihadana said...

Sup tomat emang seger ada asem-asemnya, nyruputnya ditemenin sama roti baquette yg diolesi mentega dan bawang putih..uenakk, aku juga suka bikin ini elsye karena anak2 doyan banget siy :)

Mochachocolata Rita said...

wowww bergizi banget dehhh...tomat + cream pasti tobbbb

busylittlebee said...

wah kebetulan disini gudangnya tomat el, looks yummy..

Elsye said...

to ayin : iya aku pake ayam juga say..:D seger jadinya

to sheila : thankss sayy...hihihihi, ya ampunnn kasian dong say...hikkss...ya udah mending jangan bikin sup ini..:D, mungkin liatnya aja pasti dia udah eneg...:P kasian sheil

to dwi : wakakak samaaa..gue juga doyan yang pedes booww...tetep gue cari cabe rawit tiap makan...qiqiqi

kebeneran aja say gue juga...:P thankss yaa

to mbak retno : samaan kita mbakkk...;D

to rita : qiqiqiq bergizi non ini..:P

to ira : asikkk dong bikin tomat teruss..:P

Lina W. said...

soupnya bener2 menggoda nih....aku bener2 jadi lapar deh sekarang..

bening said...

thanks ya...mbak dah bagi-bagi resepnya bergua banget nih, apalagi buat anak kuliahan yang kantongnya sering "bokee" sesepnya resep cocok banget buat kita. Gak perlu keluarin biaya mahal buat bikin makanan enakkkkkk bergizi laggi heheheh....sering-sering aja mbak bagi-bagi resepnya.