Wednesday, April 9, 2008

Bitterballen ala Dapur Saya

Pertama kali liat postingan Bitter Ballennya Ayin, tapi kok ga ada resepnya. Padahal waktu itu lagi pengen banget bikin bitter ballen. Kebetulan sore itu lagi cerah dan udara mulai anget. Lumayan kan ngemil bitter ballen sambil nonton TV atau browsing di internet :P

Cari-cari resep bitter ballen yang ada di buku resep, tapi ga ada yang cocok. Akhirnya bikin versi sendiri aja disesusaikan dengan stock bahan yang ada di dapur. Biasanya sih susu, keju, wortel dan sayuran yang standar pasti ada di lemari es. Untung ada ayam frozen sisa kemaren bikin kari ayam. BIsa sekalian di campur ke bitter ballennya, sebagai pengganti daging cincang.

Photobucket

Sepertinya mesti tiap hari ada cemilan dirumah, dari pada beli mending bikin sendiri. Kalau kita beli makanannya pun itu-itu aja. Kalo ga roti ya cookies, keripik atau makanan jepang sejenis ketan. Bosen...rasanya juga sama. Beda banget kalo mau dibandingkan dengan makanan indonesia yang banyak jenisnya. Disini juga banyak sih jenis makanan tapi ya kurang cocok dilidah indonesia kita...hahahah...

Bitterballen ala Dapur Saya

Bahan
225 gr tepung terigu
200 gr ayam rebus, potong dadu
200 ml air kaldu ayam (hasil merebus ayam)
200 ml susu
50 gr keju cheddar parut
100 gr wortel, kupas potong dadu kecil
100 gr jagung pipil
1 sdm bawang daun iris halus
50 gr bawang bombay, iris kotak
2 sdm butter/margarine untuk menumis
garam
lada
pala

Bahan pembalut
100 gr tepung roti/panko
2 butir putih telur

Photobucket

Cara membuat
1. Tumis bawang bombay dengan butter/margarine sampai agak layu, kemudian masukan potongan wortel.
2. Setelah wortel agak matang, masukan jagung pipil disusul dengan ayam rebus yang sudah dipotong kotak, daun bawang, garam, lada dan pala tunggu sampai layu dan matang.
3. Tuang air kaldu secara bertahap bergantian dengan terigu dan keju, kemudian tuangi susu.
4. Masak sampai mengental dan aduk rata, adonan agak kental sekali dan gampang di pulung, angkat dari api.
5. Setalah adonan agak hangat, pulung menjadi bola-bola.
6. Lumuri dengan putih telur kemudian panko/tepung roti.
7. Goreng dalam minyak yang banyak dan api sedang sampai kuning kecoklatan.
8. Siap dihidangkan :D

10 comments:

A.G said...

sowwyy Elsye.... kelopaan nulis resepe huehehe.. kependam ma resep ya lain jd ga inget kl ada entty yg blm aku ketik resepe wkwkwk.... next time dwweh aku ketikin.. oh ya inget satu resep lg yg jg blm tak ketik.. roti maryamku ;) tnx diingetin

Elsye said...

qiqiqiqi benerrr..aku tungguin resepnya ga nongol ueyy...hahahah..:D

Mochachocolata Rita said...

wah ini aku bisa abis 20?...tak terhingga? hehe jadi maloeeee..pertama bitter ballen tuh aku kirain kroket lho ternyata bukan wahahaha ngawur aku

yeni murty said...

Sye,mau dong Bitterballennya,lapar nih aku..D

Ajie said...

wah wah mampir kesini banyak makanan, gpp yah bu :) salam kenal dari saya yg doyan makan tapi gak doyan masak .

-Ajie-
www.kodokijo.net

Lina W. said...

wah...ada bitterballen disini...masih ada ga nih say....

Elsye said...

to rita : tapi enak yan rit...qiqiqi, aku juga kalo makan ga berenti nih..toozzz

to yeni :bolehhh booww..:P

to ajie : thanks udah mampir :D

to mbak lina : masihhhh, siniii yuukkss

Dwiana P said...

ck ck ck.... nantangin nih si bitterballen nya huahahha mau donk!

busylittlebee said...

i have no idea what biterballen is,fortunately they are really looks yummy mummmmy, i am kinda of hazzy about home mades tid bits but i realy dont mind to give it a try

Elsye said...

to dwi : ambilll dwi...qiqiqiqi

to ira : please try those bitter ballen..:P.., you can make it..really simple !!