Tuesday, February 19, 2008

Teng Teng Kacang

Teng Teng Kacang, atau biasanya saya sebut sebagai Ting Ting Kacang. Salah satu makanan favorit yang pasti kita beli kalau sedang jalan-jalan ke Solo. Rasanya manis pedas karena ada rasa jahe didalamnya. Kacang sebagai bahan utamanya menjadikan Teng Teng ini gurih-gurih manis.

Kebetulan kita sekeluarga penggemar kacang, sepertinya kacang-kacangan selalu ada di daftar belanja kita. Kacang tanah yang asin jadi salah satu favorit, apalagi disini kacang tanah asin rasanya benar-benar gurih dan harganya juga sangat terjangkau.

Photobucket

Cari resep teng-teng ini, dapat di blognya Dwi , nah ternyata Dwi juga dapat link resep dari Lisa di India. Diresep Lisa memakai kacang mede buat teng tengnya, nah saya tidak memakai mede ini, saya ganti semua dengan kacang tanah asin yang sudah di sangrai dan banyak dijual di supermarket. Gulanya pun saya kurangi, jahe saya parut langsung ke dalam karamelnya dengan harapan ada efek hangat jahe di teng tengnya.

Photobucket

Ingredients:
100 gram kacang tanah
100 gram kacang mete
300 gram gula pasir
1 sdm air perasan jahe

Directions:
Sangrai kacang tanah dan kacang mete. Cincang kasar.
Panaskan gula pasir hingga gosong kecoklatan (menjadi karamel). Masukan kacang dan jahe, aduk rata dan segera angkat.
Tuang aonan ke atas Loyang datar beralas daun pisang (atau oles dengan margarine supaya mudah dilepaskan). Ratakan hingga tipis.
Biarkan dingin dan mengeras, potong potong.

Sumber : Lisa - di Dubai

Thanks buat Lisa juga Dwi, resep Teng-teng kacangnya bener-bener enak. Ga nyangka juga kalo bikinnya ternyata gampang banget. Memang agak panas waktu menuangkan campuran karamel dan kacangnya ke loyang, nah jangan lupa untuk mengoles loyang dengen mentega, supaya gampang di lepas. Waktu memotongnya pun saya sama sekali tidak ahli karena jadinya tidak sebagus teng-tengnya Lisa dan Dwi. :)


Photobucket

Modifikasi yang saya buat :
1. Saya pake 200 gr kacang tanah sangrai asin.
2. Gula saya kurangi menjadi 200 gr.
3. Jahe saya parut langsung ke dalam karamelnya, kira-kira memakai 1 ruas jahe (3 cm)

11 comments:

Sheila said...

Kapan2 pengen bikin aaahh.
Kalo gue bikin juga pengen pake kacang tanah aja. Kacang mete muahal, bo'!

Andaliman said...

halamakkkkkkkk ini Dwiana yahh penyebar virus teng2 kacang. Kalo di tempatku namanya gak salah ampyang. bagii Elsyeeeeeeeee

Dwiana P said...

Elsye, ini hasilnya bagus kok say. cuma beda warna aja ama punya ku. krn teng teng yg ini aku masak gulanya rada lamaan sampe rada coklat banget baru dimasukin ama kacang. rasanya sama hanya kesukaan warna aja yah. and fotonya bagus!

eliza said...

hayoh pada bikin teng2 kacang ya? bikin ngiler...

sye, kamu aku tag. coba liat disini: http://fooddiary.blogsome.com/2008/02/20/here-i-go/

http://fooddiary.blogsome.com

Elsye said...

to sheila : he eh bikin say, enak buat cemilan qiqiqiqiq...

to peppy : kekekeke iyaa Dwi yang udah nyebarin virus neh...iya kalo di solo namanya ampyang, tapi pake gula merah bukan pep...:)

to dwi : oo pantes jadi agak gelap Dwi, aku ga sabar pengen cepet nuangin ke loyang...qiqiqiqi...thanks say

to eliza : iyaa virusnya dwi nih...qiqiqiq, meluncuurrr, tar aku kerjain ..:D

evida said...

gw suka kacang sye... tapi blom kepikiran pengen bikin ini. ntar gw coba deh kapan2 yah!
gw link yah blognya di blog baru gw, hehehe.................

Elsye said...

pipiii..yuhuuu....tar gue add blog loe ya....sipp sipppp..gue ada temennya nehh..wakakkaka

Andaliman said...

yupss Elsye pk gula merah, brittle sebetulnya bergantung t4 bikinnya kyk di Canada brittlenya pk maple syrup

Lisa said...

Hi Elsye,
hihihi... jadi virus teng teng udah mulai beraksi yah ;-p

Love your pictures...!!!

Elsye said...

Kekekek iya nih Lis....virus teng teng mulai beraksi...qiqiqiq..thankss say...udah sharing resepnya

infogue said...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/teng_teng_kacang