Friday, February 8, 2008

Vietnamese Roll/Goi Cuon

Dua minggu lalu salah satu teman Jepang, memberi satu pot daun ketumbar. Bingung juga waktu beliau bilang kalau di Jepang daun ini disebut Coriander, masih bingung biasanya daun ini disebut Cilatro. Ehmm yang saya tau coriander ya ketumbar yang bentuknya bulat. Daripada penasaran browsing lah ke google dan ketemu ini :

Coriander, Coriandrum sativum, also commonly called cilantro, is an annual herb in the family Apiaceae. Coriander is native to southwestern Asia and west to north Africa. It is a soft, hairless plant growing to 50 cm [20 in.] tall. The leaves are variable in shape, broadly lobed at the base of the plant, and slender and feathery higher on the flowering stems. The flowers are borne in small umbels, white or very pale pink, asymmetrical, and with the petals that point away from the centre of the umbel being longer (5-6 mm) than those pointing to the middle of the umbel (only 1-3 mm long). The fruit is a globular dry schizocarp 3-5 mm diameter
Sumber : Wikipedia

Photobucket

Biasanya cilantro bisa dimasukan sebagai tambahan bumbu untuk Goi Cuon atau Tom Yum sup. Yang paling gampang dan cepat ya bikin Goi Cuon ini aka lumpia vietnam. Selain mudah juga segar karena semua bahan dari sayuran yang tidak dimasak. Bahannya pun mudah didapat.

Photobucket

Terinspirasi dari blognya Myen (thanks Myen) yang bilang bahwa bikin lumpia ini sangat mudah. Dan ternyata memang sangat mudah tinggal menggulung dan memasukan bahan2 segar kedalam rice paper yang sudah direndam dengan air sebentar.

Dengan sedikit modifikasi dibahannya, yaitu menukar udang dengan kepiting imitasi dan mengganti sausnya dengan hanya syouyu/kecap jepang.

Ingredients:
50 gram bihun kering
75 gram daun lettuce, rajang halus
1-2 batang daun bawang, ambil bagian putihnya
20 ekor udang ukuran sedang (saya ganti dengan kepiting imitasi)
rice paper
daun mint (saya tidak pakai)
daun ketumbar
1-2 buah wortel, iris korek api
**saya pake timun jepang yang diiris panjang**

Photobucket

saus campur jadi satu :
4 sdm kecap ikan
2 - 4 buah cabe merah, iris halus
3 siung bawang putih
1 - 2 sdt gula pasir
1 - 2 sdt air jeruk nipis
1 sdt daun ketumbar cincang

Photobucket

Directions:
1. Seduh bihun dengan air panas hingga lunak, tiriskan, siram dengan air dingin supaya tidak lengket, tiriskan. potong2 ukuran 2 - 3 cm.
2. iris halus lettuce. potong2 daun bawang, rebus udang hingga berubah warna, angkat, tiriskan, kupas kulitnya, belah dua memanjang.
3. siapkan mangkuk atau wadah lain berisi air panas, celupkan lembaran rice paper kedalam air panas .. diamkan sejenak kira2 sekitar 1 menit sampai lunak dan letakan di atas talenan datar.
4. taruh di tengah lembaran rice paper berturut- turut bihun, lettuce iris, wortel, daun mint, ketumbar dan daun bawang
5. gulung rice paper dari bawah ke atas, lipat kedua sisinya dari kanan ke kiri dan kiri ke kanan seperti amplop. taruh 2 belahan udang di atas rice paper dan gulung. oleskan dengan sedikit air pada pinggir kulit agar lengket.
6. taruh lumpia di atas piring saji dan sajikan dengan saus.
Sumber : http://louveringo.multiply.com/recipes/item/82/MFM_10_Lumpia_Goi_Cuon

Thanks for Nishimoto san for being my best friend. Your friendship is a big gift for me.......

8 comments:

Sofie said...

Hhhmmm kl sy nih, lg kesengsem berat sama daun ketumbar. Gara2 lg bereksperimen dg mskan india, jd keterusan :D. Kl udah ditambah daun ini, masakan lgs jd bedaaaa banget. Pernah bikin salad ala thailand.. ga berhenti deh makannya.
eh mba, itu rice paper emang udah jadi yah? kalo di indo tau ngga beli dimana?
thanks yaa.. (sori kepanjangan.. hehehe)

Elsye said...

rice papernya udah jadi Sof...hihihi...tinggal beli aja, kalo ga salah di indonesia ada di carefour..coba cari deh...kalo ngga tar aku tanya ama temenku...:)))

Sofie said...

ooohhh.. udah jadi :D, dikirain bikin sendiri hehehe.. Boleh minta gambar rice papernya sebelum dipake ngga? biar ada bayangan kl mau hunting ke carrefour. o iya, di bdg ada spm brg2 jepang di PVJ, namanya "Papaya". Kali disana ada nya? hihi malah nanya

Indonesia Eats said...

Cilantro itu sebutan org2 North America, negara2 lain yg pk bhs Inggris biasanya nyebut coriander leaf. Di Canada sendiri, coriander emang lebih refer to coriander seed. Soal istilah jangan heran kalo misalnya Elsye liat blog2 org berbahasa Inggris satu nyebut zucchini satu nyebut courgette, atau satu nyebut eggplant satu lagi nyebut aubergine, satu nyebut scallion atau spring onion satu lagi nyebut green onion, bergantung si penulis bertempat tinggal.

Elsye said...

To Sofie : Sof, aku belum foto itu rice papernya da kaburu habis..hihih nanti aku cari di internet aja gambarnya tar aku kirim lewat imel ? kumaha ? Papaya disini ga ada euy...qiqiqi..

To Pepi : Pep yoi, gue juga bingung disini bilanngya coriander itu juga ditulis dikemasan daunnya...qiqiqiq...ternyata tiap negara/daerah beda ya namanya..thankss pep...

Sofie said...

hhmmm boleh lah.. :)
udah berusaha nyari. wkt di yahoo dapetnya rice paper yang perlembar gitu. di google lumayan, dpt yg berkemas. Tapi, buat mastiin lagi kalo itu yg dimaksud boljug deh..
Thanks banget yah.
Btw, sy jg belum pernah masuk ke Papaya siy heheh.. :D

Elsye said...

iya bener yang perlembar itu say...yang tipis butek, mirip plastik...

Sofie said...

okeh deh ada gambaran.. :)