Thursday, May 29, 2008

KBB #5 : Banoffe Pies

Tantangan kali ini dari KBB adalah Banoffee Pies, ini udah tantangan ke-lima dan gue udah ikutan dari tantangan ke dua. Seru juga tiap nunggu tantangan baru..:P

Banoffee Pies ini baru pertama kali gue buat, biasanya sih bikin pie biasa yang diisi sama custard dengan topping buah-buahan. Nah yang sekarang rada beda pienya diisi pisang, karamel sama cream.

Banoffee pie is an English dessert made from bananas, cream and boiled condensed milk (or dulce de leche), either on a pastry base or one made from crumbled biscuits and butter. Its name is a portmanteau constructed from the words "banana" and "toffee".Source : Wikipedia


Untuk pembuatan pastry pienya gue pake loyang pie yang ukuran mini yang biasa dipake buat bikin pie buah tadi. Sebenernya sih udah hunting loyang pie bongkar pasang, cuma kemaren waktu balik lagi ke tokonya ternyata udah abis..:P ya udah daripada bingung mikirin loyang, diperbudak juga tuh loyang mini gue...:D

Buat pastrynya ga ada kesulitan kecuali waktu mau digilas sama rolling pin, adonannya nempel dengan sukses ke rolling pin nya, ya terpaksa digilas pake tangan dan plastik, lumayan malah lebih cepet sama ga ribet ngambilin sisa adonan yang nempel ..;P Trus, gue ga pake biji-bijian buat menahan adonan waktu dipanggang.

Photobucket

Banoffee Pies

Source: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November 2002. with adjustments of pastry making and filling.

Pastry

300g flour, 150g unsalted butter, diced, 5 Tbs sugar, 2 egg yolks, 3 Tbs cold water

Combine the flour, butter and sugar in the food processor and process until well mixed. Then mix in the egg yolks and process in small bursts until the mixture appears crumbly. Add the water a little at a time. As the crumbs get larger, turn the motor off and check that the pastry will come together when pressed between your fingers. Turn the mixture on to a clean board or bench and work very gently into a ball. Refrigerate for 30 minutes.
Roll out the dough to line 20-22cm flan or loose-bottomed tart tin, prick the base of the pastry with fork several times. Set aside for 30 minutes.

Photobucket




Preheat the oven to 180C. Line the base of the pastry with baking paper and beans, bake blind for 12-15 minutes or until the pastry turns golden brown. Remove the paper and beans. (Return the pastry base into the oven for 5 minutes or until the base becomes dry.)


Photobucket

Filling

75g butter, 50g brown sugar, 3 Tbs milk, 300g sweetened condensed milk, 2 firm bananas, 300ml cream, ½ -1 cup white chocolate curls atau grated white chocolate

Place the butter and sugar in a non-stick pan and heat gently until the butter melts and the sugar dissolves. Bring to the boil and simmer for one minute, stirring continuously using a wooden spoon. Remove from the heat and add the milk and condensed milk. Return to the heat and bring to the boil. Allow to gently bubble for 5-6 minutes, stirring continuously until the mixture thickens and turns a light golden brown. Cool slightly.


Cut the bananas and put them on the base of the pastry. Pour in the caramel mixture. Leave to cool then chill for at least 2 hours. Serve topped with the whipped cream, spooned or spread over the caramel, and the grated chocolate. (You can always use your piping bag and noozle! You are allowed to use nuts if you'd like). Makes 4-6.


Photobucket


Tapi buat fillingnya gue punya kesulitan karena salah gue sendiri ga seksama baca resep dan ga pernah nyimak email di milis :P. Waktu bikin filling yang harusnya pake susu cair gue pake susu bubuk...LOL :P, jadi yang ada itu si filling jadi keras kayak permen susu. Nah kebetulan malemnya sempet chat sama Ienas, setelah ngobrol - ngobrol akhirnya gue baru ngeh ternyata salah masukin susu...:P, juga dapet saran dari Ienas kalo bisa diencerin lagi dikasih susu cair lagi.


Photobucket



Besoknya baru dicairin lagi deh itu filling yang udah keras, dikasih susu cair yang agak banyakan :P, ehmm lumer juga akhirnya si filling dan jadi ga manis b anget karena dikasih susu yang melebih resep. Semua bahan memang gue kurangin gulanya, dari mulai pie base-nya sama karamelnya. Untuk topping cream, malah ga pake gula sama sekali.

Akhirnya selesai juga tantangan kelima ini. Banoffe Pies yang baru dibuat tadi, disantap setelah makan malem. :D

32 comments:

Yuli P. Digdo said...

permisii buu ... mau nyomot pie-nya satuhhh ajah .. hihihihihi

lucu jugah ya dibikin kecil2 gituh ... keyenn mbak-e ... :D

sefa firdaus said...

ini dia nih yg udah muncul di google reader tapi pas diklik gak ada, hehehehe

gue baru tau Els bikin pie crust kudu ditahan pake kacang-kacangan... gue mah baru sekali bikin pie kentang, asal goblek aja :))

Anonymous said...

duh cantik deh pie mu Sye, imut2 gitu..aku punya belum, masih tgl 29 nih heheh...

Dita said...

cantik ya ternyata dibikin sekecil-kecil gitu, apa emang yg motonya aja jago kaleeee!! :D

Rasa Malaysia said...

Cantiknya foto anda. Saya suka.

mae said...

waaa udah muncul banopiku... ( banopi syapa juga )

Emang top banget ah emak yang satu ini, sip sip... bungkus satu ya buk :)

A.G said...

wah cetakan ini aku jg py.. aku ga ikutan KBB Elsye :D

slurup minta aja deh

Widya Hidayat said...

iya nih mba Elsye... ternyata lebih imut dan lutju klo pake cetakan Pie yang kecil nya yaaaa :)
apa karena tukang potret nya yang keren....

Anonymous said...

Mbak Elsyee, cantiq banged mini banoffee pies-nyah :D Fotonya keren-kereeenn :))

Unknown said...

lutu bin cute pake pie keciy² gitu. tambah lagi yg moto owkeh. double cute dweh jadinya

Lina W. said...

asli bikin ngiler nih pie...aku comot satu ya..

Dwiana P said...

cantekk nih hasilnya. Elsye!

A. Ann said...

Ikutan nyomot..jangan sampe ga kebagian hehe..canteeekkkk soale..

Inev said...

wakss... imuts, kayaknya emang enakan diginiin ya. jadi nggak terlalu berasa giung...

Syanti Dewi said...

waduuuh cakep banget yahhh kecil2 imuut :)... nyomot ah atuuu :)

Elsye said...

to yuli : iya yul soale aku ga punya loyang pie yang gede..:P adanya pie mini..:D

to sefa : wakakakak samaan dong kita say gue juga ga pake kacang2an..:P secara ga ada qiqiqi

to mbak liz : mbak, soale aku ga punya loyan gpie gede..qiqiqiiq thankss..:D

to dita : thankss say..:D pie loe juga kerennn bowww

to rasa malaysia : terima kasih :D

to mae : qiqiqiiq bungkuuussss..:P

to ayinn : bikin dong sayy...qiqiqiiq

to widya : gue perbudak loyan gkecil aja wid secara ga punyayang gede..:P thankss say

to ayu : thankss Ayuu...:D

to mindy : sengkiyuuuu darl :D

to mbak lina : boleh bangett...tukuran ama ayam..:P

to dwi : thanksss sayyy :D

to anne : kebagian Ne...:P...

to ine : embyerrr..:D, ga giung banget Ne ..:D gual gue kurangin semuah,,hihihihi

to tie : mangga dicomot Tie..:P nuhunnn..D

Ira Rodrigues said...

wah els, kl urusan kue dan pie aku serahkan kepadamu yg memang ahli

drooling!!! ngiler gak abis2 he he

Anonymous said...

Elsyeee......

pie mini-nya cakep2 amat.Gile lu ya..aku ngiri abisss:)

Btw, itu pake cetakan nastar ya say? Bawa dari Indonesia? Aku kemaren sempet pesan sama Ibuku, katanya yang sekarang tipis2, nggak ada yang kualitasnya bagus kayak produk lama...

Anonymous said...

aih cakep deh fotonya..bagus2 fotonya ya mbak elsye..
lam kenal ya

Unknown said...

elsye, you rock!!

Anonymous said...

mbaa..mbaa...bisa aja siy mba dibikin keren kayak begitu..imut2 cantik

fotonya yahuuud. Selamat ya mba

lam KBB ...

Widya Puteri said...

mau ngajakin toss, hihihih.. sama-sama pake yang loyang kecil, soalnya gak punya yang gede :D tapiii punya mba elsye tetep paling toobbb markotobb..

Elsye said...

to ira : hihihi, kan bisa beli oven ra disana..:P

to ienas : aku pake loyang pie say..:D yang ukuran mini, pasti disana juga ada..:D

to foni : thanks Fon, salam kenal juga..:D

to mbak arfi : thanks mbak..:D

to ventin : lam kbb juga ventin , thanks udah mampir ya ..:D

to widya : tozz dong, kita samaan pake loyan gpie mini..:D, punya mu juga keren kok WId..:D gue belum kesana yak..:P

.... Lia .... said...

seperti biasanya els...good job

Unknown said...

elsyeeeee MAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU...aku kuangen banget liat2 blog hehehe

~Atiek~ said...

Cantik banget penampilannya.
Imut2.. sukses ya..

Retno Prihadana said...

Elsye, foto dan banopinya jempolan deh, enak bikin kecil2 ya biar sekali emplok habis :)

Elsye said...

to lia : thankss dear :D

to rita : kemana aja buuww..:D

to atiek ; thankss say :D

to mbak retno : thankss mbak..:D..*jadi malu )* punya mbak retno jugah okehhh..:D

bee said...

there's something for you at jugalbandi. congrats.

Food & All said...
This comment has been removed by the author.
Food & All said...

Mba Elsye, I love your works, they are fabulous.
Asalnya sih tidak sengaja googling, mau mencari resep untuk peanut brittle. Dan ternyata blog-nya mba ada di salah satu pilihannya. Kalau boleh saya tahu, foto2 mba diambil dengan lensa apa? Thanks for sharing :)

Elsye said...

to bee : thankss Bee..:D

to what ever that matters : aku pake kit lense :D..lensa bawaan dari kameranya..:D