Thursday, May 8, 2008

Variasi Lemper

Lemper, makanan khas Indonesia dari ketan dan berisi ayam, abon atau daging yang dibungkus daun pisang. Rasanya gurih, karena ketannya dimasak dengan mencampurkan santan kelapa. Biasanya lemper ini disajikan untuk snack. Selain mengenyangkan juga praktis.

Kami sekeluarga penggemar berat makanan khas Indonesia, termasuk si lemper ini. Dulu sempet coba resep lemper tapi ternyata setelah agak lama didinginkan, si lemper jadi lebih keras dan rasanya tidak begitu enak lagi.

Inget sama Ayin yang pernah posting resep lemper, akhirnya dicoba resep dari Ayin ini. Dan hasilnya dari satu resep yang memakai 500 gr beras ketan, menghasilkan sekitar 25 lemper ukuran agak besar juga rasanya jangan ditanya deh enakk bangettt....saya patut beri bintang 5 buat resep lempernya Ayin...:D

00013BS

LEMPER AYAM

Bahan :
500 grm beras ketan, rendam selama semalam ( minim 2 jam biar empuk )
400 ml santan
1 sdt garam
Daun pisang untuk membungkus

Isi Ayam :
2 bh dada ayam, rebus suwir-suwir
2 lmbr daun salam
2 lmbr daun jeruk
150 ml santan
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1 sdt garam

00027BS

Cara membuat :
Kukus beras ketan selama 15 menit
Rebus santan dan garam, lalu masukan ketan yang sudah dikukus
Aduk rata sampai santan terserap semua oleh ketan
Kukus lagi selama 30 sampai matang

Isi Ayam :
Tumis bumbu halus sampai wangi
Masukan daun salam, daun jeruk dan santan
Masak sampai mendidih lalu masukan suwiran ayam
Aduk-aduk sampai kuah menyusut dan habis

Cara membungkus lemper :
Olesi loyang persegi dengan minyak.
Taruh beberapa centong ketan, sambil ditekan-tekan dan diratakan
Tata isian ayam diatasnya.
Tumpuk dengan ketan lagi dan sambil dipadatkan
Keluarkan dari loyang, iris-iris dan bungkus daun pisang
Sumber : Ayin

Nah karena saya ga punya daun pisang, tadinya lemper ini akan di bungkus dengan plastik biasa. Tapi waktu mencetak si lemper ini ternyata tidak tercetak dengan baik, akhirnya ambrol dengan sukses *sigh*. Ehmm kalo mesti bikin dadarnya dan dibuat semar mendem agak repot juga :D

Dari pada pusing, dibuatlah lemper itu versi lain..qiqiqi, Lemper Goreng. Si lemper di balut dengan tepung kanji, kemudian masukan kedalam telur yang sudah di kocok rata dan terakhir masukan kedalam tepung roti/tepung panir. Goreng dengan minyak banyak dan api sedang. :D Jadi deh variasi lain dari lemper....:P

00035BS

O ya sekalian dalam postingan ini mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga untuk temen-temen atas supportnya. Iyaaa...kali ini ada badge tambahan di sidebar blog Dari Dapur Saya :D...dari event Click...:D

11 comments:

Mochachocolata Rita said...

lhooo kok jadi pak tino sidin els?

bagusss bagussss hehehe

eh bener2 dah....ide brilllliant! lemper digoreng wawwwwww pengen buanget nyobaaaaa

Ayin said...

wkwkwkwkwk.. malah kyk nugget ala lemper :D
sip-sip patut dicoba juga

Elsye said...

to rita : ritaaa, qiqiqiq yoi jadi pak tino sidin..:P, btw iya enak banget resep lempernya ayin..*jempoll deh*

to ayin : qiqiqi iya say, soale aku males ngedadar...ya udah yang ada aja..:P

MiNDY said...

lutuw juga bow idenya, lemper goreng. tinggal jauh dari kampung halaman emang bikin qta jadi kreatif sulatif selotif yaaa ;)

eliza said...

lain dari pada yg lain nih, lemper digoreng :D gak jadi kerjaan aja Sye? :D

Elsye said...

to mindy : qiqiqiqi benerr Mindy...gampang booww..gue ga punya daun pisang soalnya..:P

to eliza : iya mbak..beneran ga jadi kerjaan nih..:D

Lina W. said...

aku mesti cicipin nih...enak banget keliatannya...

Sheila said...

Gue malah kebalik, El. Punya daun pisangnya di freezer, tapi nggak punya beras ketannya. Itu daun pisang juga udah lamaaaaa banget ngendon di sono.

Kayaknya gue bakal bawa beras ketan dari Jkt nih...hehehe.

Elsye said...

to mbak lina : banget mbak..qiqiqiqi...kapan chat lagi nih..:P

to sheila : kekekeke...bawa deh say, tapi btw disana ga ada ketan apa ? disini banyak banget...:D

Veronica said...

Very creative :)
I love your blog by the way... hehe combo of indo and japanese food.. my two faves.
Bakal coba resep ini this weekend.

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!