Saturday, May 3, 2008

Magic Ring : Donat Kentang


DSC_0002BS

Saya itu paling doyan makan cemilan, sayang disini semua makanan cemilan khas indonesia mesti bikin sendiri dulu :(..Untuk bikin cemilan macem-macem butuh banyak usaha ya belanjanya, ya masaknya cuci piring padahal kalau makannya sih cepet banget. Ga sampe hitungan hari biasanya cemilan udah abis.

Kali ini pengen banget makan donat kentang. Cari resep yang kentangnya ga dikukus, karena saya paling males ngeluarin kukusan yang gede itu. Kukusannya sih keliatan gede tapi isinya sih ternyata ga banyak. Loyang kotak 20 x 20 aja ga masuk kedalam kukusannya :(.

Kalo dulu tinggal jalan ke pasar sebentar udah dapet donat kentang yang enak. Atau tinggal pesen deh ke tetangga yang memang spesialis bikin cemilan. Paling suka kalo si donat di taburin gula donat yang ada rasa mintnya, daripada dikasih topping coklat atau keju.

Donat Kentang ini mengingatkan akan donat kampung yang memang selalu bikin kangen. Teksturnya juga beda sama donat-donat yang biasa di jual di gerai donat. Biasanya yang digerai-gerai itu lebih lembut dan lebih kenyal. Nah kalo ldonat kampung teksturnya lebih padat dan cepet jadi keras...qiqiqiq. Mungkin karena ga dikasih pelembut roti...:P

A doughnut, or donut, is a sweet, deep-fried piece of dough or batter. The two most common types are the torus-shaped ring doughnut and the filled doughnut, a flattened sphere injected with jam, jelly, cream, custard, or another sweet filling. A small spherical piece of dough, originally made from the middle of a ring doughnut, may be cooked as a doughnut hole. A doughnut also looks similar to a bagel, which uses the same shape as a ring donut.
Sumber : Wikipedia

Donat Kentang is known as an Indonesian style potato doughnut; a fritter that comes in ring shape and is made from combination of flour and mashed potatoes, coated in powder sugar or icing sugar.
Sumber : Wikipedia

DSC_0009BS

DONAT KENTANG

Bahan :
3 buah kentang yang besarnya sedang (direbus kemudian ditumbuk hingga
halus)
250 gr terigu (atau kalau kurang bisa ditambahkan sampai tidak lengket
di tangan)
1/2 bungkus fermipan
2 kuning telur
1 sdm mentega (dicairkan)
1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
susu bubuk secukupnya..

Cara Membuat :
Campur semua bahan dan di uleni hingga kalis (tidak lengket di tangan),
sambil juga dibanting-banting kira-kira 1/2 jam..
Kemudian di tutupi dengan kain basah hingga mengembang (kira-kira 1/2
sampai 1 jam)..
Setelah itu di cetak lalu digoreng...Baru dihias sesuai selera...
Sumber : Milis Ida Krisna Show

Saya bikin setengah resep dari resep diatas. Hasilnya lumayan b anyak, ada sekitar 20 ring donat. Bikinnya juga lumayan cepet, karena dibantu cetakan donat hasil kiriman dari indonesia :P. Donat kentangnya lumayan lembut. Dimakan besoknya pun tetep lembut asal dimasukan ke container kedap udara sebelum diberi topping. Nah nanti kalo mau dimakan besoknya tinggal diberi topping sesuai selera.

DSC_0008BS

Si donat saya taburin gula donat yang rasa mint itu :P...memang bener magic ring deh. Soalnya bisa jadi obat mujarab buat rasa kangen saya sama si donat kampung :D

11 comments:

Mochachocolata Rita said...

wah aku belon pernah coba donat kentang...mana aku penggemar berat kentang and cemilan...mo dicoba akhhh hehehe aku conteks yahhh

sefa firdaus said...

horeeeeeeeeee, dipublish juga *tepuktangan*
penggemar gak jadi kecewaaaaaaa, wakakakaka

Dwiana P said...

Elsye, kek nya kita sehati dah ah. kemarin itu mikir2 ampe lama keknya gw pengen bikin donat kentang. Tapi biasa penyakit males lama2 didapur kambuh. Heleh... dirimu bikin gk taunya. Apik tenan donat nya:)

Dwiana P said...

btw, sama gw juga paling males ngeluarin kukusan. bikin cemilan indo, udah ngos2 an duluan yah bikinnya. makannya dlm 2 jam juga ludes. udah gitu kudu difoto + cuci piring wadoooo....gk tahan :)

Ayin said...

aku juga pernah bikin ini Elsy.. rasanya gurih n lembut banget.. magic.. sim salambin

Elsye said...

to rita : rit, aku mau bikin lagi pake resep laen..qiqiqi tapi lagi nunggu resepnya nih..:P

to sefa : wakakaka kemaren ke publish Fa, trus gue simpen di draft...:P makanya ga ke buka ya :D

to dwi : toozzz dwi sama deh kita, gue juga paling males euy ngeluarin kukusan, secara ngebersihinnya males...qiqiqiqiqi

to ayin ; qiqiqi simsalabim, yin, aku lagi nunggu resepnya widya..:P

Sheila said...

Sama El, gue juga paling males ngeluarin panci kukusan gue. Udah guede banget, nyucinya juga ribet! Terus, terus, bikin cemilan khas Indonesia emang kudu rela kalo cemilannya bakal abis secepat kilat. Kayaknya kok gak seimbang ya sama lamanya waktu kita bikin...hehehe.

Sheila said...

Eh, ada yg kelupaan. Kadang tuh gue suka kangen sama donat kampung. Walopun keras, tapi kok rasanya ada ciri khasnya. Susah loh nemuin yg kayak gitu di tempat gue...wakakakak.

Btw, foto donat lo cakep Say. Gue demen banget sama lightningnya. Natural banget!!

My Little Nathan said...

hi...Elsye..koq gak pernah nonggol di MP lagi say?? masih sibuk dengan 2 jagoan ya.....
aku juga jarang on..paling bentar doang ..on off..hehehe...

Lina W. said...

Elsyeee...duh..telat nih..pasti dah keabisan donatnya..bisa ada lagi ga nih Els..?

ienas said...

Elsyee....gile lu ya, donatnya sexy banget, hhehee...Dipasang juga dong di rumahmu yang lain...