Monday, May 12, 2008

Simpel Chicken Katsu ala Dapur Saya

DSC_0016BS

Saya tuh paling males berlama-lama di dapur, apalagi mesti masak berjam-jam. Jadi inget ada ibu dari teman saya yang memang suka sekali masak dan berlama-lama didapur. Yang herannya beliau bisa menghabiskan waktu mulai dari pagi sampai sore hanya untuk memasak beberapa masakan yang sebenarnya ga perlu lama. :D...Mungkin karena ada pakem yang bilang kalo sambal lebih baik diuleg daripada di blender atau beberapa hal yang lain yang memang akan menghabiskan sebagian besar waktu beliau didapur. Bener-bener topppp...:D

Beda dengan saya yang paling malas berlama-lama didapur, apalagi jika musim panas mulai datang...fhuuiiiff....yang ada masuk dapur seperti masuk oven. :P Makanya saya selalu mencari resep-resep yang simple, gampang dan praktis. Sayur ditumis, atau soup yang gampang atau malah makanan jepang yang relatif gampang dibuat, simple dan sehat.

Memang ada kalanya saya juga berlama-lama didapur, itu dengan catatan memang ada acara khusus di rumah..:P atau memang lagi pengen bikin menu yang beda, nah biasanya sih akhir minggu jadi pilihan. Selain bisa berleha-leha sebentar saya juga ga perlu buru-buru nyiapin ini itu buat keperluan keluarga.

Nah kebetulan si Manis Dwi...:D tanya resep chicken katsu yang biasa saya bikin. ( Dwii chicken katsu gue mah simple banget..bisa dibilang chicken katsu jadi-jadian...LOL ) .
Chicken katsu di Jepang biasanya dibuat dari fillet ayam yang tipis sama sekali ga ada lemaknya tapiiii chicken katsu saya, dibuat dari fillet ayam dengan sedikit lemak dan berdaging tebal karena menurut saya sih lebih gurih :P

DSC_0029BS


Simpel Chicken Katsu

Bahan :
250 gr fillet ayam potong sesuai selera
2 buah bawang putih, iris halus atau bisa diganti dengan garlic powder
Merica
Garam
Sedikit gula
Minyak untuk menggoreng

Bahan pembalut :
2 buah putih telur
Tepung kanji
Bread crumb/panko

Cara membuat :
1. Campurkan bawang putih, merica garam dan gula dalam wadah.
2. Masukan ayam kedalam campuran bumbu, marinate kurang lebih 2 jam.
3. Setelah dimarinate, balur kedalam tepung kaji kemudian balur dalam putih telur terakhir balurkan kedalam tepung roti/panko.
4. Goreng kedalam minyak yang agak banyak dengan api sedang.
5. Tunggu sampai kuning keemasan, angkat siap disajikan.


DSC_0036BS

Dwiii ...enjoyy ya say dengan chicken katsu jadi-jadian gue...qiqiqiiqiq...:P

16 comments:

Unknown said...

wuaduh lafarrrrr ngeliat chicken katsu-nya. makannya pake nasi anget, salad wortel plus saos sambel. duh jadi kangen HokHokBen :D

Ira Rodrigues said...

its yummy and easy el!
i would like to give it a try
thx

A.G said...

ciken katsu dolo suka beli kl ke foodcorner...saking kesering kesitu ampe dikasi hadiah kalender..

Lina W. said...

aku paling doyan nih chicken katsu...pesan seporsi ya ...

Elsye said...

to mindy : lafarr...qiqiqi...sama say gue juga kangen ama hokben..hikss

to ira : gampang bangettt ra...:P

to ayin : qiqiqi pelanggan setia hokben ya yin :P

to mbak lina : boleh banget mbakk...kangennnn...

Yuli P. Digdo said...

whuaaa ... tadi siang aku makan siang chicken katsu, ada warung bento kecil di mall deket kantor :), liat ini sore2 gini jadi laper lagih ... :)

mbak els ... aku cinta beratt ama foto2mu ... lightingnya bisa brigth banget gituh ... bagi2 tips-nya dung ... *nodong mode on* ... :)

Retno Prihadana said...

enak nih elsye, serasa di Hokben :)

.... Lia .... said...

Els...chicken ini..emang jadi favorite ya...enak banget deh...aku juga suka.

sefa firdaus said...

jadi pengen pulkam, makan di hokhokben :D

Dwiana P said...

Elsye.... thank you berat say. pantesan gw bikin kok rasanya hambar and ayamnya rada bau amis. Ayam sini kan beda dgn di jkt. gk taunya lo marinate 2 jam yah. siiippp... nti gw ikutin.
Dah gk sabar pengen makan ala hoka2 bento hahaha
lagi bt juga disini. udah spring hujan terus. mau moto gk bisa banyak2 malah kadang makanan dah jadi gk kefoto BT:(

Sheila said...

Aseeekkk, gue dong bisa makan di hokben bentar lagi. Jangan pada ngiri ya...kekekek.

Ntar kalo balik lagi dari Indo, gue contek resep lo ya Say :)

Unknown said...

aku juga paling seneng bikin yang gampang2 els...

abis ada deadline siih...musti kelar makan sebelon jam 8 kalo mo ke kelas olah raga jam 9 malem hehehe...kalo ga, sakit peruttttsss hihihi

kalo weekend baru ada waktu experiment yang engga2 hehe

ow, emang bikin sambel bisa pake blender ya? hohoho boleh tuh dicoba (daku taunya cobek + ulekan yang tak kumiliki hiks hiks)

Elsye said...

to yuli : thankss say, makan lagi aja di hokben..qiqiqi, btw udah aku tulis di blog mu ya..:D

to mbak retno : qiqiqi iya mbak, soale disini ga ada hokben..:P

to lia : samaaaa....tozz ahhh

to sefa : pulkan yukksss...qiqiqiiq

to dwi : kekekeke, iya gue marinate lama bow biar nyerep bumbunya...gampang kan say..:P kekeke emberr kalo udah gitu males ngapa2in ya..:P makanan udah buru abis dimakan, foto ga jadi...qiqiqiiq

to sheila : deuuu yang mau pulkammm...:P

to rita : bisaa banget di blender...diuleg selain capek banyak makan waktu..hihihi *halahh*

Anonymous said...

saya udah coba tapi kok kalau dipotong antara tepung dan fillet ayam terpisah engga kayak digambar kenapa ya

Anonymous said...

Well written article.

Elsye said...

marini, saya pake breadcrumb..trus saya pake tepung kanji dulu sebelum dicemplungin ke kocokan telur,setelah itu masukin deh ayam yang udah dibalur kanji sama telur ke breadcrumb...kalo mau lebih mantap masukin dulu ke kulkas beberapa jam...baru di goreng..makasih ya udah coba..hehehehe