Saturday, May 3, 2008

Cumi Teriyaki : Ide lain Memasak Cumi

Cumi salah satu hasil laut yang banyak penggemarnya. Biasanya disini dijual dalam packing plastik beralaskan styrofoam. Harganya lumayan mahal, mungkin karena sudah dikemas rapi dan memang masih segar. Jenisnya macam-macam, ada yang kecil, besar juga berbentuk fillet.

Yang berbentuk fillet bisa dibuat untuk topping sushi atau dibuat sashimi, warnanya lebih putih dan bersih. Yang besar dan utuh biasanya berwarna gelap keunguan. Ada juga jenis cumi yang sudah dikeringkan atau diasinkan. Di Jepang cumi juga bisa dibuat Shiokara, yaitu Ika Shiokara.

Shiokara (塩辛?) is a food in Japanese cuisine made from various marine animals that consists of small pieces of the animal's meat in a brown viscous paste of the animal's heavily salted, fermented viscera. The raw viscera are mixed with about 10% salt, 30% malted rice, packed in a closed container, and fermented for up to a month. Shiokara is sold in glass or plastic containers.

The flavor is quite strong and is considered something of an acquired taste even for the native Japanese palate. The taste of shiokara lingers in the mouth. One method of enjoying it is to consume the serving at one gulp and to follow it with a shot of straight whisky. Some bars in Japan specialize in shiokara.

Sumber : Wikipedia

DSC_0038coba

Berkali-kali masak cumi pasti hanya di buat calamari, cumi goreng tepung atau cumi kecap. Bosen juga dengan menu cumi yang biasa itu. Browsing kesana kesini akhirnya dapet resep cumi yang beda dari biasa. Yang ini cumi dengan bumbu teriyaki. Resepnya dari dapurnya Eva .Jadi inget masakannya Mindy , Salmon Teriyaki :D

Cara membuat sausnya ternyata hampir sama, hanya disini penggunaan mirin saya hilangkan. Juga saya pakai cumi yang berukuran besar berwarna gelap keunguan. Dipotong kotak dan diberi guratan sama persis dengan Eva. Saya juga tidak menggunakan maizena sebagai pengentalnya, jadi cuminya agak sedikit berair.


Bahan :
500 gram pineapple cut squid
1 bh paprika ijo potong tipis
1 bawang bombay , iris tipis
1 sdm maizena campur dengan sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis


Bahan Saus:
8 sdm saus teriyaki ( atau campur 5 sdm mirin dan 6 sdm kecap kikkoman)
3 sdt gula pasir
1/2 sdt jahe halus
1 sdt bawang putih halus


Cara Membuat :
1. Karena aku pake pineapple cut squid jadi tinggal dicuci bersih aja terus dipotong kecil-kecil. Kalo yang pake cumi fillet, belah dulu cuminya kemudian gurat bagian dalam cumi tapi jangan sampai putus, baru dipotong2 ukuran 2x3 cm.
2. Campur bahan untuk saus semuanya lalu aduk sampai rata.
3. Rendam potongan cumi tadi dengan saus. Sisihkan kurleb 15 menitan.
4. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan parika sampai harum dan layu, kemudian masukkan cumi yang sudah dimarinade tadi beserta sausnya. Masak cukup sampai cuminya meringkel, menurut Ci Ine kurleb 2-3 menitan aja supaya cuminya tidak liat.
5. Kentalkan dengan larutan maizena. Angkat.
Sumber : Eva


DSC_0020bs3


Rasa cumi teriyaki ini memang beda dari cumi yang biasa dibuat. Rasanya khas Jepang, mungkin karena penambahan syouyu atau kecap jepang yang dominan. Juga rasa jahe yang segarnya khas. Paprika hijau sebagai sayuran juga menambah kesegaran masakan cumi ini. Thanks buat Eva :D

9 comments:

sefa firdaus said...

ahhhhhhhh jadi pengen ke fish market di Hamburg nih... biar dapat cumi seger :)

iya Els, sptnya itu eventnya Pepy cuma utk MP deh... dirimu knp gitu sptnya alergi banget sama MP, wakakakakaka

Ira Rodrigues said...

nggak pernah tau jenis cumi yg ini el, sama gak sama cuttle fish?

tebel banget dagingnya yah
totaly drooling!

Dwiana P said...

mmmm cumi asyik say, gw juga doyan. Eh Elsye punya resep bikin chicken teriyaki or chicken katsu yg enak gk? kayak yg dijual di Hoka Hoka bento di jkt. kok tiba2 gw pengen yak

Yeni Yulinda said...

bagi dong say cuminya,belum masak nih aku..

A.G said...

aku suka teriyaki.. bojoku suka sausnya, kl masak ciken teriyaki sausnya minta banyak hehe

Sheila said...

I love cumiii!
Kalo gue bikin cumi, cuman yg standard doang, "cumi tepung". Abis enak sih buat cemilan. Anak2 gue juga demen banget, El.

Kayaknya resep yg satu ini seger ya rasanya, El. Gue juga suka sayuran yg agak berkuah, jadi nggak gitu kental. Kapan2 gue coba aahhh.

Elsye said...

to sefa : ayoo ayooo belii beli...halahhh..qiqiqiqi *kompor*

to ira : iya nih ra emeng tebel banget dagingnya..:D

to dwi : toozz gue juga doyan banegt dwi...:D, ada resepnya tar kalo loe mau gue posting ya..:D

to yeni : sipp sippp kesini say..:P

to ayin : qiqiqii emang enakkk yin..

to sheila : samaa gue juga sukanya di goreng tepung :D, btw emang seger say....:D..sipp sipppp

Unknown said...

wah El, boljug neh dicobs resepnya. blom pernah nyoba teriyaki yg dikasih sayuran kaya di resep elo ini.

Dita said...

bo, gue jarang nyifud di sini...bete deh padahal ini negara kan deket laut tapi sifud maharani. Dah gitu variasi sifudnya gak banyak.